Apa itu Java?

Unknown | 6/14/2014 05:27:00 AM | |
Apa itu Java?
 
Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat multi platform yang artinya java dapat berjalan di berbagai platform/sistem operasi computer seperti Ms. Windows, Linux, Mac OS dan Solaris. Dalam membangun sebuah program aplikasi, java menerapkan konsep OOP(Object Oriented Programming – Pemrograman Berorientasi Objek) di mana pemrograman diarahkan ke paradigma pembentukan obyek-obyek yang saling berinteraksi.

Java tersedia dalam beberapa versi yaitu versi Java Enterprise Edition (Java EE) untuk aplikasi enterprise, Java Standard Edition (Java SE) untuk aplikasi desktop hingga Java Micro Edition (Java ME) untuk aplikasi mobile.

Java memiliki kemiripan sintaks dengan C dan C++, ini dikarenakan java memang mengadopsi banyak sintaks dari bahasa C dan C++ yang disederhanakan sehingga java lebih mudah dipahami.

Java tergolong dalam bahasa tingkat lebih tinggi(higher-level language) artinya bahasa pemrograman java cenderung lebih dimengerti oleh manusia. Karena java termasuk bahasa yang levelnya lebih tinggi, manipulasi padal level hardware tidak dapat dilakukan secara langsung. Operasi-operasi pada hardware(misalnya penghapusan data pada memory, pengalokasian memory) sudah otomatis dilakukan oleh sebuah mesin yang dikenal dengan nama Java Virtual Machine(JVM). Bahasa java juga memiliki banyak library/perpustakan yang lengkap yang berisi program-program pendukung yang disertakan dalam pemrograman java. Dengan adanya library tersebut pembuatan program aplikasi dapat lebih dimudahkan.

Library dan Java Virtual Machine(JVM) serta komponen lainnya yang berfungsi untuk menjalankan applet dan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java itu sendiri disediakan oleh sebuah environment yang dikenal dengan Java Runtime Environment (JRE).

Selain Java Runtime Environment (JRE), Oracle(pengembang java sekarang setelah Sun Microsystems yang merupakan pengembang awal bahasa java menjadi bagian dari Oracle) memiliki produk lain yang mengimplementasikan Java, yaitu Java Development Kit (JDK). JDK berisi segala sesuatu yang ada di Java Runtime Environment (JRE), ditambah tool-tool seperti compiler dan debugger yang diperlukan untuk mengembangkan applet dan aplikasi. Seperti yang terlihat pada diagram komponen produk Java dari Oracle di bawah ini :

Diagram komponen produk Java
Diagram komponen produk Java


Karena semua komponen java termasuk Java Runtime Environment(JRE) berada di dalam Java Development Kit(JDK) juga, maka untuk menghadirkan java di komputer kita sebaiknya kita menginstal Java Development Kit(JDK). Sebelum menginstal, tentunya kita harus mendownload JDK terlebih dahulu. Dan untuk cara download dan instal JDK akan dibahas di postingan berikutnya.

Sumber:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Categories

Facebook

Followers